DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KONSEP EKOLOGI DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PENGARANG:SUKARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-17


Sukardi. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peseta Didik Konsep Ekologi dengan Pendekatan Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd. dan (II) Dr. Dharmono, M.Si. 
 Kata Kunci : LKPD, Pendekatan Lingkunagn, Ekologi, Berpikir Kritis
Kurangnya penggunaan LKPD berpikir kritis yang tepat dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik menyebabkan kurangnya kemampuan menganalisa peserta didik terhadap proses berpikir kritis. Penelitian pengembangan LKPD dengan pendekatan lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi ekologi bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan fektif. Tahapan penelitian pengembangan (Design Research) menggunakan evaluasi formatif Tessmer, yang dilaksanakan dalam 4 tahap yakni  evaluasi diri (self evaluation), uji perorangan (expert review dan one-to-one ), uji kelompok kecil (small group evaluation), dan uji lapangan (field test). Subyek penelitian yang digunakan siswa kelas X MIA meliputi uji one to one X MIA 1, uji kelompok kecil X MIA 2, uji lapangan X MIA 1 dan X MIA 3. Data dikumpulkan melalui tes dan pengamatan, análisa data berupa data kuantitatif dan data kualitatif kemudian dianalisa sacara deskriptif. Hasil validitas  LKPD berada pada kategori sangat valid dengan skor rata-rata keseluruhan 90,67%, dengan didukung uji one to one  oleh peserta didik dengan kategori sangat baik. LKPD tergolong praktis berdasarkan: 1) keterlaksanaan LKPD kategori baik, 2) respon siswa menunjukkan respon positif 3) respon guru menunjukkan positif. LKPD tergolong efektif  berdasarkan: 1)  Hasil  belajar siswa  mencapai nilai ketuntasan yaitu  97,45), 2) LKPD  keterampilan  berpikir  kritis  siswa  rata-rata  diperoleh  kategori  tinggi, 3) Hasil tes  N- Gain menujukkan LKPD yang dikembangkan  rata-rata N-Gain interpretasi  0,60, N-Gain analisis diperoleh 0,6, N-gain evaluasi 0,6 dan N-Gain inferensi adalah 0,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dengan pendekatan lingkungan terhadap berpikir kritis valid, praktis dan efektif. Implikasi dari pembelajaran  dengan  menggunakan  LKPD dengan pendekatan lingkungan berpikir  kritis pada konsep Ekologi  dapat meningkatkan motivasi dan  melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI