DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTEGRASI NILAI MORAL DALAM LAGU BANJAR CIPTAAN ANANG ARDIANSYAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SITI KHADIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-17


ABSTRAK

 

Siti Khadijah. 2018. Integrasi Nilai Moral Dalam Lagu Banjar Ciptaan Anang        Ardiansyah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu            Pengetahuan Sosial.Prodi Pendidikan IPS.Fakultas Keguruan dan Ilmu     Pendidikan. Pembimbing IDr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan       Pembimbing II Mutiani, M.Pd

Berawal dari masyarakat Banjar yang memiliki lagu-lagu daerah yang khas seperti lagu daerah yang lain. Anang Ardiansyah merupakan seorang penyanyi lagu Banjar yang terkenal. Setiap lagu-lagu yang diciptakan oleh Anang Ardiansyah mempunyai nilai moral dalam setiap lagunya. Lagu yang sangat jelas memilki nilai moral di dalamnya adalah lagu Sanja Kuning dan Uma Abah. Nilai moral bagi peserta didik sangatlah penting untuk diajarkan khususnya pada generasi muda, agar generasi muda tersebut mempunyai kepribadian yang baik. Melalui mata pelajaran IPS maka pendidikan berbasis nilai moral dapat terlaksana.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan nilai moral yang terdapat dalam lagu Banjar Sanja Kuning dan Uma Abah yang diciptakan oleh Anang Ardiansyah sebagai sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian ini meliputi guru IPS kelas VIII, perwakilan peserta didik kelas VIII, anak Anang Ardiansyah, penyanyi lagu banjar, seniman banjar dan dosen seni drama tari dan musik.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan cara reduksi data, display data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anang Ardiansyah adalah seorang penyanyi lagu banjar terkenal. Semua lagu-lagu yang diciptakannya memilki nilai moral dalam setiap lagunya. Dua contoh lagu tersebut adalah lagu Banjar Sanja Kuning dan Uma Abah. Berdasarkan hasil analisis lirik lagu Sanja Kuning dan Uma Abah di temukan  empat nilai moral dalam kedua buah lagu tersebut. Nilai moral yang dimaksud adalah nilai moral kerja keras, tanggung jawab, disiplin, dan peduli sosial. Keempat nilai moral tersebut dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS, melalui materi interaksi sosial.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Anang Ardiansyah merupakan seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu Banjar terkenal. Anang Ardiansyah merupakan seorang penyanyi dengan latar belakang bendidikan militer. Anang Ardiansyah tercatat sudah menciptakan lagu sebanyak 400 buah lagu. Semua lagu Banjar yang diciptakan oleh Anang Ardiansyah memiliki nilai moral dalam setiap lagunya. seperti lagu Sanja Kuning dan Uma Abah yang memilki pesan moral disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan peduli sosial. Keempat nilai moral tersebut dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS, melalui materi interaksi sosial dalam bentuk RPP.

 

Kata kunci: Integrasi, nilai moral, dan sumber belajar IPS

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI