DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | LAPORAN HASIL PENELITIAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN PATIN (Pangasius sp) STUDI KASUS PADA UNIT PENGOLAHAN AL-KHALIFI DI DESA BINCAU KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | HALIPAHNOR | |
PENERBIT | : | FAKULTAS PERIKANAN | |
TANGGAL | : | 2017-11-15 |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan strategi pengembangan unit pengolahan Al-khalifi dengan menganalisis Saluran pemasaran dan SWOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, wawancara dan observasi studi kasus pada unit pengolahan Al-khalifi. Responden dari penelitian ini adalah pemilik unit pengolahan Al-khalifi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran pemasaran yaitu: a). Dari produsen langsung ke konsumen akhir. b). produsen ke pedagang perantara baru ke konsumen akhir. Berdasarkan analisi SWOT unit pengolahan Al-khalifi memiliki 3 kekuatan, 7 kelemahan , 3 peluang dan 4 ancaman. Dari pengembangan SWOT unit pengolahan Al-khalifi dikembangkan alternatif strategi diantaranya mengikuti studi banding atau pelatihan yang diadakan oleh dinas perikanan dan instansi terkait untuk meningkatkan kualitas dan diversifikasi produk yang meningkat, memperluas saluran pemasaran dengan membuka cabang usaha, meningkatkan kualitas produksi dengan dibangunnya rumah produksi, meningkatkan diversifikasi produk agar bisa melakukan persaingan dan tidak terjadinya penurunan pembelian masyarakat terhadap produk.
Kata kunci : Al-khalifi, Saluran pemasaran, Analisis SWOT.
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI