DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINJAUAN STABILITAS PONDASI PADA PENGGANTIAN JEMBATAN KUIN SELATAN BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-17


TINJAUAN STABILITAS PONDASI PADA PENGGANTIAN JEMBATAN KUIN SELATAN BANJARMASIN

Oleh:

Ahmad Fauzi

Pembimbing:

Ir. Adriani, M.T

 

ABSTRAK

 

 

 

         Kalimantan Selatan dikenal dengan sebutan seribu sungai, terutama di daerah Kuin, agar tersambungnya sarana transportasi darat pada Kuin Selatan ini dibangun jembatan untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus karena adanya sungai Antasan Kecil Barat. Seiring berjalannya waktu jembatan Kuin Selatan yang dahulunya dibangun dengan pondasi ulin telah mengalami kerusakan, maka pada tahun 2017 jembatan diperbaiki secara keseluruhan yaitu mengganti jembatan lama dengan jembatan yang baru. Jembatan baru ini dirancang menggunakan desain beton prategang, dengan pondasi tiang pancang square pile.

Struktur jembatan yang dianalisis kekuatannya agar tahan terhadap beban yang terjadi dan kombinasinya dihitung berdasarkan Standar Perencanaan Pembebanan Jembatan SNI 1725 2016.

Perhitungan kapasitas daya dukung tiang pancang didapat dari data Standard Penetration Test (SPT) dengan membandingkan perhitungan metode Meyerhof dan Metode Schmertmann dan Nottingham lalu diambil hasil yang paling kritis

         Berdasarkan daya dukung ultimit tiang, pondasi tiang pancang dengan dimensi 40 x 40 cm dengan kedalaman 35 m memiliki daya dukung yang besar, sehingga dapat memikul beban yang bekerja. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Qizin = 1.091,48 ton, Qa = 1,506 ton dan jumlah tiang pancang sebanyak 21 buah tiang. Pada pembebanan pada pondasi kelompok tiang pancang, hasil yang diperoleh tidak melebihi daya dukung ultimit tiang, sehingga aman untuk memikul beban diatasnya.

 

Kata kunci: Pondasi, daya dukung, aman,Square Pile

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI