DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL PADA BIOGRAFI ZAINAL ILMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:DIAN SURYA NUGRAHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-17


ABSTRACT


ABSTRAK

Dian Surya Nugraha. 2018. Nilai Sosial Pada Biografi Zainal Ilmi Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd (2) Mutiani, M.Pd

 

 Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan setiap pribadi manusia terlebih di era milenial. Namun adanya sikap perilaku kurang baik seperti tawuran antar pelajar yang mulai terabaikan dalam dunia pendidikan. Masalah ini perlu diberikan solusi terutama dalam proses pendidikan melalui mata pelajaran IPS. Pembelajaran IPS diharapkan mampu memberikan keunggulan, berwawasan, keagamaan yang kuat melalui nilai sosial yang diambil dari seorang tokoh biografi ulama satu diantaranya Tuan Guru H. Zainal Ilmi. Tujuan penelitian untuk: (1) mengetahui biografi Tuan Guru H. Zainal Ilmi, (2) nilai sosial yang muncul dari Tuan Guru H. Zainal Ilmi (3) mendeskripsikan nilai sosial biografi Tuan Guru H. Zainal Ilmi untuk mengintegrasikan kedalam pembelajaran IPS.

Penelitian mengunakan deskriptif untuk memaparkan kehidupan biografi Tuan Guru H. Zainal Ilmi. Lokasi penelitian desa Dalam Pagar guna mengetahui cerita kehidupan biografi Tuan Guru H. Zainal Ilmi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.

Hasil Penelitian Tuan Guru H. Zainal Ilmi merupakan seorang salah satu tokoh ulama kharismatik di Kalimantan Selatan yang sangat berpengaruh dikalangan masyarakat maupun pejabat pemerintah serta memiliki sifat kepribadian sangat baik dan sifat mulia kepada orang-orang terdekat, masyarakat maupun guru-guru beliau. Adapun nilai sosial dalam biografi Tuan Guru H. Zainal Ilmi yang meliputi nilai religius, peduli sosial, cinta tanah air, bersahabat dan kerja keras untuk dijadikan penutan kehidupan. Kesesuian nilai sosial biografi Tuan Guru H. Zainal Ilmi tersebut dapat diterapkan kedalam materi pembelajaran IPS agar peserta didik mengetahui perjalanan tokoh-tokoh ulama dan memetik nilai-nilai yang terkandung dalam tokoh ulama tersebut Seperti religius, peduli sosial, cinta tanah air,bersahabat dan kerja keras.

Ketokohan ulama yang dijadikan sumber belajar IPS diharapkan peserta didik dapat mentauladani sehingga menimbulkan perubahan dalam dirinya yang untuk lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat atau diri sendiri serta mengoptimalkan pembelajaran terutama mengkontribusikan materi dengan sumber lokal yang relevan agar para peserta didik mendapatkan makna dari materi yang dipelajari dan menciptakan suasana belajar yang aktif.

Kata kunci: Biografi, Nilai sosial, Sumber belajar IPS


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI