DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN COMPLEX PROPORTIONAL ASSESSMENT DALAM REKOMENDASI PENENTUAN TERNAK UNGGUL
PENGARANG:RAHMAD HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-18


 

ABSTRAK

 

 

 

IMPLEMENTASI METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN COMPLEX PROPORTIONAL ASSESSMENT DALAM REKOMENDASI PENENTUAN TERNAK UNGGUL (Oleh:Rahmad Hidayat ; Pembimbing: Andi Farmadi, S.Si., M.T dan Friska Abadi, S.Kom., M.Kom ; 2019; 66 halaman)

 

 

 

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanah Laut melakukan perangkingan rekomendasi ternak unggul dengan cara merangking kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Laut berdasarkan hewan ternaknya. Namun kriteria perangkingan yang digunakan masih menggunakan penjumlahan dan pengurangan saja untuk mendapatkan nilai akhirnya, sehingga menimbulkan nilai yang tidak konsisten atau tidak setara antar hewan yang ada. Padahal setiap kriteria memiliki tingkat prioritas atau kepentingan yang belum dimasukkan ke dalam perhitungan nilai akhir tersebut. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)untuk memberikan bobot kriteria yang berdasarkan tingkat kepentingan dari kriteria yang disesuaikan dengan Dinas Peternakan, sedangkan metode Complex Proportional Assessment (COPRAS)digunakan untuk merangking seluruh kecamatan yang ada berdasarkan hewan ternaknya. Perbandingan antara hasil rangking sistem FAHP dan COPRAS dengan data aktual dari Dinas Peternakan akan dijadikan bahan pertimbangan atau rekomendasi untuk penentuan rangking kecamatan berdasarkan hewan ternaknya. Pengujian datanya menggunakan metode Mean Absolut Error (MAE)untuk mendapatkan tingkat akurasi sistem. Berdasarkan dari hasil pengujian untuk 6 hewan ternak yang ada didapat hasil akurasi sebesar 96.97% untuk hewan ayam buras, sedangkan akurasi untuk hewan kambing sebesar 90.91%, hewan sapi sebesar 85.45%, hewan kerbau sebesar 82.22%, hewan itik sebesar 75.76% dan hewan ayam ras sebesar 72.73%.

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Ternak Unggul, Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), Complex Proportional Assessment (COPRAS), Mean Absolute Error (MAE)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI