DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Nla-Nilai Budaya Batak Toba Dalam Mendidik Anak di Kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:TRESY DORNAULI SITINJAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-18


Tresy Dornauli Sitinjak, 2019. Peranan nilai-nilai budaya Batak Toba dalam mendidik Anak di kota Banjarmasin Provinsi Kalmantan Selatan.Tesis. Pada Program Studi Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (1) Dr. Herry Porda Nugroho, M.Pd, Pembimbing (2) Dr. Deasy Ariesanty, M.Sc.

Kata Kunci: Nilai -Nilai Budaya Batak Toba,Pola Asuh, Akulturasi Budaya

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan bagi peneliti sendiri maupun mahasiswa lainya. Adapun pertama mengadakan penelitian ini adalah yang pertama yaitu untuk mengetahui tentang proses terjadinya penerapan nilai-nilai budaya Batak di Kota Banjarmasin. Tujuan kedua yaitu bagaimana proses terjadinya akulturasi yang terjadi antar etnis Banjar dan Batak di Kota Banjarmasin. Menganalisa data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatitif Deskriptif.

Kualitatif Deskriptif ini adalah suatu analisa yang berusaha memberikan gambaran secara terperinci berdasarkan kenyataan yang diperoleh dari fakta-fakta lapangan dan juga didukung oleh data-data primer maupun data skunder guna mendukung data –data yang ada. Penelitian kualitatif ini disajikan dalam bentuk uraian-uraian tersebut akan dianalisis secara Deskriftif agar dalam menganalisa permasalahan penelitian dapat berarti dan dapat dijelaskan serta dapat menjawab apa yang menjadi permasalahanya. Adapun penelitian ini dilakukan di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil penelitian lapangan ini menunjukan bahwa terdapatnya perubahan-perubahan baik dalam bentuk sosial,ekonomi dan kebudayaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya dalam proses akulturasi tersebut.

ABSTR

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI