DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:PAHRUDIN ALI HAMID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-18


Hamid, Pahrudin Ali. 2019. Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin. Tesis, Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D (2) Dr. Ngadimun, M.M
 
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Interpersonal, Kinerja Guru.
 
Berdasarkan Observasi awal dan pengamatan penulis, masih ada guru-guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin yang rendah kinerjanya seperti terlambat mengajar, rencana pembelajaran belum optimal, rendahnya minat guru dalam memanfaatkan penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris, bahwa ada hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Emosional dengan Kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Banjarmasin.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh guru pada 4 (empat) MTsN di Kota Banjarmasin dengan jumlah guru 142 orang dan sampel yang diambil adalah guru dengan masa kerja diatas 10 tahun dengan jumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Emosional, dan Kinerja Guru. Validitas diuji dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan koeffisien reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data: (1) analisis Deskriptif dengan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada pada suatu data, kemudian ditabulasikan dalam bentuk tabel. (2) Pengujian persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, autokorelasi dan uji heteroskedasitas (3) pengujian hipotesisnya ditentukan berdasarkan koefisien determinasi dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1).Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel Kecerdasan Interpersonal dan Kinerja Guru MTsN di Kota Banjarmasin, memiliki nilai p sebesar 0,000 dengan kategori sangat kuat. (2). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Guru MTsN di Kota Banjarmasin, memiliki nilai p sebesar 0,000 dengan kategori sangat kuat. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Emosional secara simultan dengan Kinerja Guru MTsN di Kota Banjarmasin, memiliki nilai p sebesar 0,000 dengan kategori sangat kuat. Saran bagi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosional guru dengan memberi dukungan secara langsung maupun tidak langsung kepada guru, seperti memberikan pengarahan agar lebih sabar dan ikhlas dalam proses belajar mengajar maupun pergaulan sesama pengajar dan atasan dan bagi guru diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dengan jalan membangun kecerdasan interpersonal yang maksimal serta pengelolaan kecerdasan emosional yang tepat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI