DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL BERISIKO TINGGI (ANEMIA) MELAKUKAN ANTENATAL CARE (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis Banjarbaru)
PENGARANG:N URHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-18


ABSTRAK

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL BERISIKO TINGGI (ANEMIA) MELAKUKAN ANTENATAL CARE

(Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis Banjarbaru)

Nurhidayah

Latar Belakang: Dukungan keluarga adalah bentuk perilaku dan sikap positif yang diberikan oleh orang tua, suami atau istri maupun saudara serta mempunyai peran yang sangat penting bagi ibu hamil untuk menambah rasa percaya diri dan motivasi agar lebih patuh dalam melakukan antenatal care sehingga risiko tinggi dalam kehamilan dapat dideteksi lebih dini.

Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan ibu hamil berisiko tinggi (anemia) melakukan antenatal care di Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 ibu hamil yang melakukan antenatal care di Puskesmas Guntung Manggis dengan menggunakan uji Fisher Exact.

Hasil: Hasil analisis statistic menggunakan Fisher Exact didapatkan p value 0,014 atau < α (0,05), artinya H0 ditolak atau terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan ibu hamil berisiko tinggi (anemia) melakukan antenatal care.

Pembahasan: Dukungan keluarga yang positif membuat ibu hamil berisiko tinggi (anemia) lebih patuh melakukan antenatal care.

Kata Kunci: Antenatal Care,Dukungan Keluarga, Kepatuhan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI