DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK ANALISIS PERMASALAHAN PADA MESIN PENGHITUNG UANG (STUDI KASUS: PT TRIAS MITRA JAYA MANUNGGAL BANJARMASIN)
PENGARANG:INSAN FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-19


Dalam menganalisis sebuah kerusakan mesin perlu adanya pengalaman dan ilmu tentang mesin tersebut. Sama halnya dalam menganalisis kerusakan pada mesin penghitung uang. PT Trias Mitra Jaya Manunggal Banjarmasin adalah perusahaan yang menyediakan jasa service dan maintenance mesin ini. Karena banyaknya konsumen yang menjadi mitra kerja perusahaan, yang dimana membuat perusahaan harus merekrut teknisi-teknisi baru, untuk memenuhi permintaan konsumen dalam hal service atau maintenance, maka diperlukanlah para ahli dalam menganalisisnya. Namun dalam kenyataannya, banyak sekali teknisi-teknisi baru yang direkrut menjadi karyawan yang belum pernah mempelajari atau yang belum berpengalaman tentang mesin penghitung uang tersebut.

Tentu saja sangat perlu adanya sebuah aplikasi yang dapat menjadi bahan acuan dalam menganalisis kerusakan mesin penghitung uang. Untuk itu diciptakanlah sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat menganalisis kerusakan berdasarkan gejala-gejala yang timbul.

Pada penelitian ini sistem pakar yang nantinya akan berjalan pada sistem operasi android dengan menggunakan metode forward chaining dan metode dempster shafer, yang bertujuan untuk membantu menganalisis kerusakan yang terjadi pada mesin penghitung uang. Karena sistem dibuat dalam bentuk aplikasi android maka akan mempermudah dalam pengunaannya.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dari pengujian didapat 16 kerusakan dan yang berhasil terdeteksi oleh sistem 14 kerusakan dengan ketepatan 87,5%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI