DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, PELAYANAN FISKUS, SANKSI PERPAJAKAN, DAN LINGKUNGAN WAJIB PAJAK BERADA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANJARMASIN SELATAN DAN UTARA)
PENGARANG:GUSTI SUGIARTI PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-19


ABSTRAKSI

Gusti Sugiarti Putri (2019). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, dan Lingkungan Wajib Pajak Berada Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Selatan Dan Utara).

Pembimbing: Yohana Yustika Sari.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi; pengaruh pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi; pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi; danpengaruh lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Selatan dan Utara, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 wajib pajak, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknikprobability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (3,829 > 1,985) pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05.Pelayanan fiskus tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi karena t-hitung < t-tabel (-0,499 < -1,985). Sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, dengan t-hitung > t-tabel (-3,481 > -1,985) dan signifikan 0,001 < 0,05. Lingkungan wajib pajak berada tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung < t-tabel (1,726 < 1,985).

 

Kata kunci:Kepatuhan Wajib Pajak, Pemahaman Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI