DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMITMEN DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:PARHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-19


ABSTRAK

 

Parhan. 2019. Hubungan Komitmen dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D., (II) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah. M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci:. Komitmen, Motivasi Kerja dan, Kinerja Guru.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Komitmen, motivasi, dan kinerja guru Sekolah Dasar  Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah. (2) Adakah hubungan antara komitmen dengan kinerja guru. (3) Adakah hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru. (4) Adakah hubungan antara komitmen dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi adalah semua guru Sekolah Dasar Negeri yang tesebar di 26 (dua puluh enam) Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Banjarmasin Tengah yang berjumlah 286 orang guru yang berstatus sebagai PNS. Jumlah sampel penelitian ditentukan dengan rumus Taro Yamane sehingga diperoleh sampel sebanyak 167 orang. Distribusi sampel masing-masing sekolah ditentukan secara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yaitu komitmen, motivasi kerja, dan kinerja guru. Kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment dan koefisien Alpha dari Cronbach. Untuk mengetahui hubungan motivasi kerja, komitmen dan, kinerja guru dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas, dan linearitas, danuntuk mengetahui signifikansi hubungan dilakukan dengan uji-korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen dengan kinerja guru;(2) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru; (3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara komitmen, motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah

Disarankan: (1) Komitmen kerja guru yang harus ditingkatkan adalah pada bagian kemauan untuk belajar dari berbagai sumber ilmu pengetahuan dan memberikan kontribusi yang lebih aktif sebagai guru profesional, sedangkan komitmen kerja yang perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan adalah pada bagian menjalankan kurikulum dengan penuh tanggungjawab dan lebih peka terhadap kebutuhan pribadi siswa. (2) Bagi guru, harus lebih berperan akif dalam progarn-program sekolah. salah satunya adalah memberikan berbagai masukan dan kritik yang membangun dalam motivasi kerja dan komitmennya sebagai seorang guru. (3) Bagi penelitian selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih jauh mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru selain perilaku komitmen dan motivasi kerja guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI