DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERMAINAN ULAR NAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERJALAN ANAK TUNA DAKSA DI KELAS 2A SDN GADANG 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HERLINA
PENERBIT:
TANGGAL:2017-09-25


Kata kunci : Permainan Ular Naga, Kemampuan Berjalan, Tuna Daksa.
Pada Penelitian ini adalah anak mengalami hambatan dalam melangkah sehingga anak tuna daksa kelas 2 SDN Gadang 2 Banjarmasin membutuhkan peran serta orang lain dalam aktivitas berjalannya. Fakta menunjukkan anak tidak dapat melangkah jika tanpa dibantu dan kebiasaan orangtua ataupun guru pendamping saat membantu melangkah tidak efektif untuk kenyamanan anak dan langkah yang dihasilkan pun tidak banyak. Tujuan penelitian ini adalah sejauh mana peran media permainan ular naga dalam memberikan pengaruh anak untuk melangkah atau berjalan pada anak tuna daksa kelas 2 di SDN Gadang 2 Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan adalah desai A-B-A. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan tahap baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum adanya treatment atau perlakuan, tahap intervensi dengan menggunakan media permainan ular naga dan baseline 2 (A2) sebagai kontrol dari baseline 1 (A1). Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu siswa tuna daksa kelas 2A SDN Gadang 2 Banjarmasin yang beinisial MR. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dapat dilihat pada baseline 1 (A1) kemampuan subjek penelitian dalam berjalan memperoleh mean level sebesar 25, tahap intervensi diperoleh mean level sebesar 42,2, dan tahap baseline 2 (A2) memperoleh mean level sebesar 48.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular naga dapat mengurangi kesulitan dalam berjalan dengan meningkatkan kemampuan melangkah anak tuna daksa kelas 2A SDN Gadang 2 Banjarmasin. Saran bagi guru hendaknya mengajar siswa yang mengalami hambatan dalam berjalan dan hambatan sosial dengan menggunakan media salah satunya media permainan ular naga dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan tentang media permainan ular naga pada anak berkebutuhan khusus lainnya tidak hanya anak tuna daksa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI