DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN PUSH-UP DAN PULL-UP TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN PADA ATLET PANAHAN PERPANI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SAPARUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-20


ABSTRAK

 

SAPARUDDIN, 2019.Pengaruh Latihan push up dan pull  up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar. Tesis,Program Studi Keguruan Olahraga (S2), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama : Dr. Ma’ruful Kahri,M.Pd, Pembimbing Pendamping Dr. AR. Shadiqin, M.Kes

 

Kata Kunci : Latihan push up, pull  up, Panahan, Kekuatan Otot lengan.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan push up dan pull  up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar.

Metode penelitian eksperimen dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah atlet panahan Perpani Kabupaten Banjar yang berjumlah 8 atlet. Instrument tes yang digunakan adalah expanding dynamometer. Teknik analisis yang digunakan sample paired test dan independent test dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitianpretest-posttest mendorong expanding dynamometer kelompok push-up sebesar 0,005<0,05 berarti ada perbedaan rata-rata. Sedangkan pretest-posttest menarik expanding dynamometer sebesar 0,003<0,05 ada perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil pretest-posttest mendorong expanding dynamometer kelompok pull-up sebesar 0,003<0,05 berarti ada perbedaan rata-rata. Sedangkan hasil prestest-posttest menarik  expanding dynamometer sebesar 0,007<0,05 berarti ada perbedaan rata-rata. Pada uji independent samples test, pretest-posttest mendorong expanding dynamomter 0,356>0,05 ,maka tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan kelompok push-up dan pull-up. Sedangkan hasil pretest dan posttest menarik expanding dynamometer sebesar 0,025<0,05, maka terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan kelompok push-up dan pull-up.Uji independent samples test, menunjukkan latihan pull-up lebih baik dan efektif dibandingkanlatihan push-up dalam meningkatkan kekuatan otot lengan.

Kesimpulan 1) ada pengaruh latihan push-up terhadap kekuatan otot lengan 2) ada pengaruh latihan pull-up terhadap kekuatan otot lengan 3) ada perbedaan pengaruh latihan push up dan pull  up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI