DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX-D MTS NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD AULIA RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-20


ABSTRAK

 

 

Rahman, Muhammad Aulia. 2019. Pemahaman Kosakata Bahasa Indonesia dalam Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas IX-D MTs Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D. (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

Kata kunci: Pemahaman, kosakata, teks deskripsi

 

Kosakata merupakan satu di antara faktor pendukung pembelajaran. Pembelajaran kosakata di sekolah masih belum optimal, pembelajaran kosakata hanya disisipkan di materi pembelajaran lain. Tidak ada kegiatan pembelajaran yang menghhususkan materi kosakata. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil pemahaman kosakata dalam menjawab pilihan ganda, mengisi teks rumpang, kemampuan mengasosiasikan kata pada peserta didik kelas IX-D MTsN 2 Banjarmasin.

Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, Dengan metode desriptif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX-D MTs Negeri 2 Banjarmasin sebanyak 40 peserta didik.

Hasil penelitian ini adalah pemahaman kosakata dalam menjawab pilihan ganda berada pada kategori cukup mampu dengan nilai rata-rata 67 dengan rincian  nilai tertinggi 90 dan terendah 30 denga persentase 52,5% berada pada kategori mampu dan sangat mampu, 25% berada pada kategori cukup mampu, terakhir 22,5% berada pada kategori kurang mampu dan tidak mampu, pemahaman kosakata dalam mengisi teks rumpang berada pada kategori kurang mampu dengan rata-rata nilai 53 dengan rincian nilai tertinggi 87 dan tersendah 27, dengan persentase 27,5% berada pada kategori mampu dan sangat mampu, persentase 7,5% berada pada kategori cukup mampu, dan terakhir dengan persentase 65% berada pada kategori kurang mampu dan tidak mampu. pemahaman kosakata dalam mengasosiasikan peserta didik kelas IX-D memiliki variasi yang beagam,  kata sekolah memiki asosiasi kata sebanyak 22 kata, orang tua, sebanyak 26 kata, guru sebanyak 30 kata, hobi, sebanyak 44 kata, teman, sebanyak 45 kata, liburan sebanyak 37 kata, ujian nasional sebanyak 41 kata, Bahasa Indonesia sebanyak 46 kata, kantin sebanyak 36 kata, dan tambang sebanyak 36 kata. 

pemahaman kosakata Bahasa Indonesia dalam teks deskripsi pada peserta didik kelas IX-D MTs Negeri 2 Banjarmasin berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 70 dengan rincian nilai tertinggi 91 dan terendah 46, dengan persentase 47,5% peserta didik berada pada kategori mampu, dan sangat mampu, 30% berada pada kategori cukup mampu, dan 22,5% berada pada kategori kurang mampu dan tidak mampu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI