DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI SELF TALK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI INDIVIDU (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN ANTASARI BANJARMASIN)
PENGARANG:NUR SYUKRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-20


ABSTRAK

 

Nur Syukriani, D1C112080, 2019, Motivasi Self Talk Dalam Membangun Kepercayaan Diri Individu (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin). Dibimbing oleh Sri Astuty dan Novaria Maulina.  

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai motivasi self talk dan kepercayaan diri individu dengan objek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin.

 

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Populasi penelitian ini adalah sejumlah 599 responden yaitu keseluruhan mahasiswa aktif Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin. Ditarik sampel sejumlah 183 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dan menggunakan alat ukur utama yaitu kuesioner.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin memiliki motivasi need of Achievement, need of Affiliation, dan need of Power yang baik berdasarkan teori motivasi yang dikemukakan oleh McClealland dalam Siswanto (2015:130), serta suka melakukan self talk terkait motivasi-motivasi tersebut juga memperlihatkan rasa percaya diri yang baik. Hal ini ditunjukkan oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin dengan frekuensi nilai rerata sebesar 49,49% responden. Semua indikator motivasi self talk dan kepercayaan diri mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin berada pada skor sedang yang berarti ada variabel lain yang belum terukur serta indikator-indikator yang lain yang mempengaruhi kepercayaan diri dalam persentase yang lebih besar.

 

 

Kata Kunci : Motivasi, Self Talk, Kepercayaan Diri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI