DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Autis Menggunakan Media Boneka Tangan MUCA (Moving Mouth Puppet) Di SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin
PENGARANG:Uswatul Hasanah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-20


ABSTRAK

 

Hasanah Uswatul. 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Autis          Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) Di SDN         Antasan Besar 1 Banjarmasin. Skripsi. Program S1 Pendidikan  Luar Biasa. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.      Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing I: Agus Pratomo Andi W., M.Pd.          Pembimbing II: Sihadi, M.Pd

 

Permasalahan dalam penelitian adalah anak autis yang mengalami hambatan bahasa ekspresif. Fakta dilapangan anak autis dengan hambatan bahasa ekspresif memiliki hambatan dalam mengungkapkan keinginan atau kebutuhanya baik secar verbal dan non verbal.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis dengan menggunakan media boneka tangan Muca (Moving Mouth Puppet).

Metode penelitian ini adalah Single Subjek Reseach (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desai A-B-A dengan satu hambatan yang diteliti. Sistem pencatatan data menggunakan persentase. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan tahap baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum menggunakan media boneka tangan Muca.Tahap intervensi (B) melatih kemampuan bahasa ekspresif anak menggunakan media boneka tangan. Tahap baseline 2 (A2) kembali tanpa adanya treatment atau perlakuan. Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan media boneka tangan Muca dapat meningkatkan kemampuan bahasa verbal dan nonverbal. Peningkatan bahasa ekspresif dapat dilihat dari persentase ketika anak mampu menunjukkan kemampuan bahasa ekspresif baik secara verbal dan nonverbal dari 20%, ke 52%, menjadi 70%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan Muca dapat meningkatkan bahasa ekspresif anak autis. penggunaan media boneka tangan Muca dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis ataupun anak yang mengalami hambatan bahasa. Media boneka tangan Muca mampu dijadikan sebagai alat bermain yang dapat digunakan setiap hari, baik itu dilakukan sendiri ataupun bersama dengan teman agar kemampuan bahasa ekspresif anak terus berkembang sesuai yang diharapkan.

 

Kata kunci: Bahasa ekspresif, boneka tangan muca (moving mouth puppet),     anak autis.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI