DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS KESETABILAN LERENG PLAN DISPOSAL PADA PIT MULIA PT ARUTMIN INDONESIA KECAMATAN KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | SUBIANTO | |
PENERBIT | : | FAKULTAS TEKNIK | |
TANGGAL | : | 2017-11-17 |
Disposal merupakan daerah pada suatu operasi tambang terbuka yang
digunakan sebagai tempat membuang material kadar rendah dan/atau material
bukan bijih (overburden). Disposal merupakan daerah pada suatu operasi
tambang terbuka yang digunakan sebagai tempat membuang material kadar
rendah dan/atau material bukan bijih (overburden). Dalam hal pembentukan
disposal tersebut pernah terjadinya longsor akibat base disposal merupakan
bekas lubang bukaan tambang dengan hanya proses pengeringan hanya dengan sistem sodetan dan tidak dilakukan pengeringan dan pembuangan matrial lumpur
untuk memastikan base disposal sebelum ditimbun benar-benar kering. Dengan
adannya kejadian tersebut menyebabkan jalan akses hauling yang tepat berada
di area kaki disposal tertimbun dan tidak dapat digunakan lagi.Oleh sebab itu
disposal atau tempat penimbunan ini harus direncanakan dengan baik agar
matrial timbunan tersebut berada dalam kondisi stabil. Kesetabilan lereng plan
disposal merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan agar tidak
menyebabkan kelongsoran yang dapat merugikan bagi beberapa pihak masyarakat pada umumnnya maupun perusahaan pada tingkat produksifitas.
Pada proses penambangan matrial overburden yang akan dipindahkan sebesar
20.000 bcm agar dapat mengambil batubara diarea Pit10 PAMA.
Penelitian ini menghitung nilai Safety Factor pada lereng plan disposal
sehingga bernilai aman (FK > 1,25) pada proses pembuatan plan disposal
OPD69 menggunakan metode Morgenstern. Dalam perhitungan nilai aman ini
menggunakan softwear Geostudio 2007 yang dibagi menjadi beberapa section
yaitu A, B, C, D, dan E. Setelah dilakukan pengecekan menggunakan sofwear
Geostudio 2007 di peroleh nilai FK pada beberapa section < 1.25, yang artinya
lereng plan disposal tersebut tidak aman untuk dikerjakan.
Berdasarkan hasil perhitungan nilai safety factor diperoleh nilai FK > 1.25,
dengan sudut overall slope sebesar 3° NO DOWNLOAD LINK
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI