DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR JENIS IKAN DI KAWASAN MANGROF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA JENJANG SMK
PENGARANG:AYU MAULYDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-20


ABSTRAK

Ayu Maulyda, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Jenis Ikan di Kawasan Mangrof untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Jenjang SMK. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. M. Arief Soendjoto, M. Sc. dan (II) Dr. H. Muhammad Zaini, M. Pd.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Jenis Ikan, Mangrof, Berpikir Kritis

 

Pendidikan di Indonesia memiliki tanggungjawab mencetak lulusan yang berkualitas dan memiliki keterampilan belajar salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah model evaluasi formatif Tessmer. Subjek penelitian meliputi 3 ahli pakar untuk uji validitas, 3 orang siswa uji one to one, 5 orang siswa uji small group, dan 15 orang siswa uji field test. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan kategorisasi. Hasil validitas bahan ajar didapat skor rata-rata 152 kategori sangat valid dengan didukung uji one to one  oleh peserta didik dengan kategori menarik dan mudah digunakan. Bahan ajar tergolong praktis berdasarkan kepraktisan harapan dari respon siswa dengan rata-rata 88% kategori sangat baik, kepraktisan aktual dari hasil respon lima belas orang siswa terhadap bahan ajar dengan rata-rata 97.44% kategori sangat baik. Bahan ajar tergolong efektif berdasarkan hasil belajar siswa pada keefektifan harapan mencapai nilai ketuntasan dengan rata-rata 87 dan hasil N gain pada keefektifan aktual yaitu Interpretasi-klasifikasi arti (merumuskan masalah) 0.9 dengan kategori tinggi, Inferensi-menduga alternatif (merumuskan hipotesis) 0.7 dengan kategori tinggi, Inferensi-pengumpulan data 0.9 dengan kategori tinggi, Analisis-penganalisisan argumen 0.8 dengan kategori tinggi dan Inferensi-menarik kesimpulan 0.9 dengan kategori tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI