DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Masalah - Masalah Koperasi Sekolah Di SMK Bina Banua Banjarmasin
PENGARANG:Lismaya Julianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-21


Lismaya Julianti, A1A314080. Masalah – Masalah Koperasi Sekolah di SMK Bina Banua Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I)., Dr. Hj. Sri Setiti, MM, (II). Mahmudah Hasanah, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui apakah pengelolaan koperasi sekolah SMK Bina Banua dijalankan secara profesional. 2) Untuk mengetahui apakah keterlibatan siswa dalam pengelolaan koperasi sekolah terlaksana secara optimal. 3) Untuk mengetahui apakah koperasi di SMK Bina Banua dapat menjadi sarana menumbuhkan pembelajaran berwirausaha pada siswa/i.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunkan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu seperti orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang akan memudahkan dalam penelitian, adapun informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Staf Guru, Pengawas dan Pengurus Koperasi dan siswa/i kelas XII SMK Bina Banua Banjarmasin. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing / verification.  Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan koperasi sekolah belum dijalankan secara profesional, ditemukan bahwa koperasi sekolah belum bersifat sukarela dan terbuka dan pengelolaannya belum dilakukan secara demokratis seperti perekrutan kepengurusan dipilih langsung oleh dewan guru tidak dilakukan secara demokratis dan terbuka dengan seluruh anggota. 2) Keterlibatan siswa dalam pengelolaan belum terlaksana secara optimal, dari hasil penelitian ditemukan bahwa peserta didik dalam pengelolaan koperasi terbatas pada ranah teknis belum kepada manajemen pengelolaaanya. 3) Belum optimalnya pemanfaatan koperasi sekolah sebagai sarana menumbuhkan pembelajaran dalam berwirausaha pada siswa karena di koperasi sekolah tersebut hanya menjual atribut sekolah saja.

 

Kata Kunci: Koperasi, Pengelolaan Koperasi Sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI