DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH POLA ASUH ORANG TUADAN POSISI ANAK DENGAN KELEKATAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK TK DI GUGUS MATAHARI KELOMPOK B PALANGKARAYA
PENGARANG:Seli Charmila. R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-23


ABSTRAK

Seli Charmila. R. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tuadan Posisi Anak Dengan Kelekatankeluarga Terhadap Kemandiriananak TK Di Gugus Matahari  Kelompok B Palangkaraya. Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas lambung mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I:  Erny Wahdini. Pembimbing II: Ahmad Suriansyah

 

Kata kunci:  Pola Asuh Orang Tua, Posisi Anak, Kelekatan keluarga, Kemandirian anak

Selama ini kemandirian anak di TK gugus matahari belum menunjukan sikap mandiri di sekolah. Kemandirian dapat juga dipengaruhi oleh beberapa fakor yaitu anak terlalu di manjakan atau orang tua masih menanggap anak masih tidak mampu melakukannya sendiri yang mengakibatkan anak masih bergantung dengan orang tuanya atau orang yang mereka anggap dekat. Sikap orang tua yang mempunyai sikap. Membiasakan anak untuk berusaha mengerjakan setiap tugas mereka sendiri, dan berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, agar mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab, terutama untuk dirinya sendiri. Tujuan penelitian mengetahui Pengaruh pola asuh orang tua dan posisi anak dengan kelekatan keluarga terhadap kemandirian anak di TK gugus matahari Palangka Raya kelompok B kecamatan Jekan Raya kota Palangkaraya.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode expalatory yaitu sebab akibat. Populasi penelitian ini berjumlah  118 dengan teknik sampel proporsional dengan sampel 92 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis path.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis path menunjukkan bahwa   Hasil tingkat kontribusi dari analisis path dari hubungan langsung pola asuh orang tua melalui kelekatan keluarga terhadap kemandirian diketahui tingkat hubungan tidak langsung tersebut adalah 0,247 x 0.928 = 0,229 maka hubungan  tidak langsung hubungan tidak langsung yang positif pola asuh orang tua melalui kelekatan keluarga terhadap kemandirian adalah 0,229.  Hal ini bermakna terdapat hubungan tidak langsung antara pola asuh orang tua melalui kelekatan keluarga terhadap kemandirian di TK gugus matahari Palangka Raya kelompok B kecamatan Jekan Raya kota Palangkaraya. Hasil analisis r square menunjukkan bahwa 0.875 = 87,5% memberikan pengaruh Kelekatan keluarga terhadap kemandirian anak. Hasil dari analisis path dari hubungan langsung pola asuh orang tua melalui kelekatan keluarga terhadap kemandirian dengan nilai Standardized Coefficients beta sebesar 0,304 dan 0,929, maka dapat diketahui tingkat hubungan tidak langsung tersebut adalah 0,304 x 0.929= 0,229 maka hubungan  tidak langsung hubungan tidak langsung yang positif pola asuh orang tua melalui kelekatan keluarga terhadap kemandirian adalah 0,229.  Hasil analisis r square menunjukkan bahwa 0.886 = 88,6% memberikan pengaruh posisi anak melalui kelekatan keluarga terhadap kemandirian anak.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI