DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DIDESA TIMBAAN KECAMATAN TAPIN SELATAN KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:Ahmad Khairil Muhazzir
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-24


A. Khairil Muhazzir, D1B114228, 2018,  Peran Pemeintah Daerah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Didesa Timban. Dibawah Bimbingan Sammahudin Muharram Dan Jamaluddin.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peran pemenrintah kabupaten tapin dalam meninbgkatkan kesejahteraan masyarakat dan faktor yang mempengaruhi kesejahteraan didesa timban. Lokasi yang dipilih dikerenakan meliat kondisi wilayah desa timbaan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dan meliat bahwa apayang dikerjakan pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya masih kurang efiktif.

            Pada penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif

            Hasil yang dilakukan membuktikan bahwa peran pemerintah kabupaten tapin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yang pertama Pemerintah sebagai Enterpreneur, yaitu dimana pemeritah kabupaten tapin memberikan bantuan – bantuan untuk mengingkatkan kesejahteraan masyarakat desa timbaan dalam aspek ini pemerintah mengelola aset ase ekonomi desa timbaan Pemerintah sebagai koordinato yaitu pemerintah kabupaten merangkul serta memberikan arahan kerpada masyrakat desa timbaan dalam melakukan kegiatan dalam peningktan kesejahteraan msyarakatnya Pemerintah sebagai fasilitator, yaitu peerintah daerah kabupaten tapin memberikan kemudahn dalam berkomonikasi langsung dengan masyarakatnya yaitu dengan membuat kelompok – kelompok masyarakat, agar dapat mempermudah mengontrol masyarakatnya.

            Bagi pemeintah kabupaten tapin saran yang dapat saya berikan adalah harus lebih memperhatikan lagi kepaada kepentingan kepentingan masyarakatnya, karena dalam survey saya kepada masyarakatnya, banyak masyarakat yang mengeluh tentang kesejahteraan sosial seperti rumah – rumah masyarakat yang tidak layak huni masih ada. Dan juga sulitnya mencari pekerjaan.Bagi masyarakat desa Timbaan saran tyang saya berikan adalah jaga dan pertahan kan aset – aset yang diberikan oleh pemerintah agar dapat digunakan sesuai dengan yang keperluan masyarakatnya.

                                                                          

Kata kunci: peran pemerintah, kesejahteraan masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI