DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI KESESUAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN MARTAPURA BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019
PENGARANG:RIKA OKTAPIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-24


ABSTRAK

 

Rika Oktapiana. NIM A1D115235, 2019. Identifikasi Kesesuaian Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Martapura Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Nurdiansyah, M.Pd. (II) Drs. Said Abdillah, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh guru di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Martapura Barat. Penelitian yang dilakukan dengan subyek guru pendidikan jasmani. Metode penelitian ini melalui beberapa pentahapan langkah penelitian yang meliputi; pengamatan atau observasi yang dilakukan peneliti dan peneliti mengidentifikasi kegiatan guru mengajar. Data yang dikumpulkan berupa dokumentasi.

Data yang terkumpul selama penelitian adalah data dokumentasi tentang kegiatan guru yang melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri Sungai Batang Ilir 1, Sekolah Dasar Negeri Sungai Batang 1 dan Sekolah Dasar Negeri Teluk Selong.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif berupa deskripsi hasil pengamatan dan deskriptif kuantitatif berupa perbandingan hasil pengamatan.

Secara keseluruhan hasil penelitian dapat diketahui bahwa cara untuk menyesuaikan proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Martapura Barat tahun ajaran 2018/2019 ialah dengan memahami benar Kompetensi Dasar apa yang terdapat di dalam RPP sebelum mengajarkannya kepada peserta didik.

Kata kunci: Identifikasi, Kegiatan Pembelajaran, Guru Pendidikan Jasmani.

 

 

 

 

 

 

 


ABSTRACT

Rika Oktapiana. NIM A1D115235, 2019. Identification of the Suitability of Learning Activities in Physical Education in State Elementary Schools of the Distric of West Martapura Academic Year 2018/2019. Skripsi of Sport Education And Healt, Program Study Phisichycal Education, Lambung Mangkurat University. Advisors: (I) Dr. Nurdiansyah, M.Pd. (II) Drs. Said Abdillah, M.Pd.

This study aims to determine the suitability of physical education learning activities conducted by teachers in the State Elementary School in West Martapura District. Research conducted with the subject of physical education teachers. This research method through several stages of research that includes; observations or observations made by researchers and researchers identify the activities of teaching teachers. Data collected in the form of documentation.

The data collected during the research is documentation data about the activities of teachers who carry out physical education learning. The population in this study were physical education teachers at Batang Batang Ilir 1 Elementary School, Sungai Batang 1 Elementary School and Teluk Selong Public Elementary School.

Analysis of the data used in this study is descriptive qualitative and quantitative. Qualitative descriptive in the form of descriptions of observations and quantitative descriptive in the form of a comparison of observations.

     Overall the results of the study can be seen that the way to adjust the process of learning physical education in the State Elementary School in Martapura Barat Subdistrict 2018/2019 is to understand what Basic Competence is contained in the RPP before teaching it to students

 

Keywords: Identification, Learning Activities, Physical Education Teachers.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI