DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS POTENSI PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Reza R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-24


Muhammad Reza Rusyadi, (2019), Analisis Potensi Penerimaan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Banjarmasin. Pembimbing I : Prof. Drs. H. M. Handry Imansyah, MAM,Ph.D

 

Tujuan penelitian adalah untuk melihat potensi sebenarnya penerimaan dari retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum Kota Banjarmasin pada tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif, dengan populasi 208 titik retribusi parkir di 5 kecamatan Kota Banjarmasin dan menggunkan uji slovin untuk menetukan 22 sampel. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari observasi lapangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik uji petik dan standar deviasi. Uji petik dengan observasi selama 10 menit penerimaan parkir di jam ramai dan sepi pada hari kerja dan akhir pekan. Sedangkan standar deviasi digunakan untuk melihat batas atas dan batas bawah potensi retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum.

 

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa target yang ditetapkan mampu melewati batas bawah standar deviasi dimana artinya kinerja pemerintah daerah khususnya dinas perhubungan sudah cukup baik, akan tetapi dalam penerimaan retribusi parkir (on street) tersebut masih bisa ditingkatkan. Untuk wilayah Banjarmasin Utara bisa ditingkatkan sebesar 128%, lalu Banjarmasin Selatan sebesar 276%, selanjutnya untuk wilayah Banjarmasin Barat sebesar 10%, kemudian untuk Banjarmasin Timur sebesar 21% dan wilayah Banjarmasin Tengah sebesar 19%. Sedangkan untuk pasar sentra antasari bisa ditingkatkan sebesar 21%.

 

Kata Kunci: Potensi, Uji Petik, Retribusi Parkir

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI