DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG PISANG KEPOK TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK NUGGET AYAM BROILER
PENGARANG:MURDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-24


RINGKASAN

 

 

 

MURDANI.  Pengaruh penambahan tepung pisang kepok terhadap sifat organoleptik nugget ayam broiler dibimbing olehMuhammad Riyadhi dan Muhammad Rizal.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung pisang kepok terhadap kualitas organoleptik meliputi warna, rasa, tekstur dan aroma yang dihasilkan pada nugget ayam broiler.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap, faktor pertama yang  dijadikan sebagai perubah pengamatan adalah penambahan tepung pisang kepok masing-masing adalah 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%.

Penambahan tepung pisang kepok memberikan nilai rata-rata warna pada pengamatan yaitu 2,35-2,90 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P0 (2,90) warna nyata (P<0,05) lebih muda dibandingkan hasil perlakuan P2 (2,35) dan P4 (2,55), tetapi tidak berbeda nyata (P>0,05) dengan P1 (2,75) dan P3 (2,70).   Penambahan tepung pisang kepok akan cenderung merubah warna nugget ayam broiler menjadi lebih kecoklatan. 

 

Penambahan tepung pisang kepok sebanyak 20% dapat menghasilkan aroma, rasa dan tekstur yang lebih disukai oleh panelis. Selain itu aroma khas pisang kepok meng

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI