DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINDAK PIDANA OLEH ANAK YANG MENYEBABKAN ORANG LALIN MENINGGAL (STUDI PUTUSAN NOMOR : 03/Pid.Sus.Anak/2014/Pn.Bjm)
PENGARANG:BINTARI WIDYAPUTRI UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-25


TINDAK PIDANA OLEH ANAK YANG MENYEBABKAN ORANG LAIN MENINGGAL (03/Pid.Sus.Anak/2014.PN.Bjm)

Bintari Widyaputri Utami

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui putusan pidana yang dijatuhkan oleh majelis hakim dalam perkara Nomor : 03/Pid.Sus.Anak/2014/PN.Bjm sudah sesuai dengan fakta hukum dan juga untuk mengetahui penjatuhan pidana oleh majelis hakim sudah sesuai dalam kaitannya dengan tujuan pembinaan narapidana anak. Penelitian ini merupakan penelitian studi putusan dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case approach) yang menitikberatkan pada putusan hakim Pengadilan Negeri Banjarmasin Nomor : 03/Pid.Sus.Anak/2014/PN.Bjm.

Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukan bahwa: Pertama, putusan pidana yang digunakan oleh hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Banjarmasin Nomor : 03/Pid.Sus.Anak/2014/PN.Bjm. yang menyatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tidak tepat. Kedua, penjatuhan pidana oleh hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Banjarmasin Nomor : 03/Pid.Sus.Anak/2014/PN.Bjm belum sesuai dengan tujuan pemidanaan. tujuan pemidanaan terdakwa mementingkan pembalasan kepada pelaku tanpa mempertimbangkan apakah hukuman ini akan membuat pelaku menyadari kesalahannya, meskipun majelis hakim memeriksa dan mengadili perkara ini sudah berdasarkan alat bukti yang cukup sehingga dapat menghukum pelaku.

Kata Kunci : Pemidanaan, narapidana anak, kekerasan yang dilakukan oleh anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI