DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL MIKRO DAN MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM
PENGARANG:MUHAMMAD ADITIYA ANSHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-26


Muhammad Aditiya Anshari. 2019. Pengaruh Faktor Fundamental Mikro dan Makro Ekonomi Terhadap Return Saham. Tesis. Program Magister Manajemen, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (1) Dr. Fifi Swandari, SE., M.Si. dan (2) Ali Sadikin, SE.,MM.

 

Kata Kunci

:

Return on Asset, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio,inflasi, nilai tukar rupiah, suku bunga Bank Indonesiadan return saham

 

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor fundamental mikro dan makro ekonomi yaitu Return on Asset, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio,inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga Bank Indonesia terhadap  terhadap return saham.Pengujian analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

 

Populasi yang digunakan perusahan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia periode tahun 2013-2017 dan yang memenuhi kriteria pemilihansampel. Sampel yang digunakan sebanyak 23 perusahaan. Data dikumpulkanmelalui pengambilan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaanperiode 2013-2017 yang dipublikasikan di Bursa efek Indonesia. Hipotesispenelitian diuji dengan regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian dengan uji koe?sien determinasi (R2) menyimpulkan  return perusahan sektor industri barang konsumsi dapat dijelaskan oleh keenam variabel bebas sebesar 9.6 %. Hasil Uji F dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel mikro dan makro ekonomi (tingkat Return on Asset, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio,inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga Bank Indonesia) secara keseluruhan mempunyai pengaruh signi? kan. Hasil uji t Hasil analisis menunjukkan bahwa Earning Per Share dan inflasi berpengaruh terhadap return saham. Variabel Earning Per Share mempunyai nilai signifikansi 0,038 lebih kecil dari 0.05. Kemudianvariabel inflasi mempunyai nilai nilai signifikansi 0,020 lebih kecil dari 0.05. Sedangkanvariabel lain dalam penelitian ini yaitu Return on Asset, Debt to Equity Ratio, nilai tukar rupiah dan suku bunga Bank Indonesia tidak berpengaruh terhadap return saham.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI