DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | EVALUASI GEOMETRIK JALAN PADA JALAN MARTAPURA LAMA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CIVIL 3 | |
PENGARANG | : | SRI HELDA WATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-06-26 |
EVALUASI GEOMETRIK JALAN PADA JALAN MARTAPURA LAMA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CIVIL 3D
Sri Helda Wati1, Dr. Ing Puguh Budi Prakoso, S.T., M.Sc.2
Jalan Ahmad Yani km 36 Banjarbaru Kalimantan Selatan 70714 Indonesia
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat
Telp. (0511) 47738568 Fax. (0511) 4781730
email: sriheldawati.02@gmail.com
ABSTRAK
Jalan Martapura Lama merupakan Jalan Provinsi yang berperan sebagai jalan alternatif penghubung Kota Banjarbaru, Martapura dan Banjarmasin. Pada ruas tersebut banyak terdapat tikungan dan juga lebar jalan yang sempit, selain itu fasilitas pelengkap jalan seperti marka jalan yang tidak cukup dan kurang memadai, sehingga banyak pengguna jalan yang berkendara kurang tertib dan melaju dengan kecepatan tinggi hingga menimbulkan kecelakaan.Berdasarkan data dari pihak Polres Banjar, kecelakaan pada Jalan Martapura Lama selama tahun 2015-2018 mencapai 42 kecelakaan lalu lintas yang terkonsentrasi pada daerah Kecamatan Sungai Tabuk. Penelitian dilakukan untuk merekomendasikan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir permasalahan tersebut.
Evaluasi geometrik dilakukan dengan menggunakan bantuan software Civil 3D. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan kondisi geometrik jalan eksisiting dan geometrik jalan berdasarkan perencanaan sesuai dengan standar peraturan Bina Marga dan standar peraturan yang berlaku.
Survey kecepatan lapangan menunjukan kecepatan kendaraan dilapangan lebih besar dari kecepatan rencana yaitu 43,875 km/jam > 40 km/jam. Hasil analisa didapatkan bahwa geometrik alinyemen horizontal pada Jalan Martapura Lama tidak memenuhi standar untuk jalan Kolektor kelas III A untuk lahan permukiman karena lebar jalan kurang dari 7 meter, dan terdapat dua bagian jalan lurus serta tiga lengkung horizontal dari total delapan lengkung yang tidak memenuhi standar perencanaan (Reks < Rmin). Berdasarkan hasil akhir evaluasi, maka direkomendasikan beberapa alternatif perbaikan geometrik seperti pelebaran pada jalur, perbaikan desain lengkung serta menambahkan marka serta rambu jalan.
Kata Kunci: Kecelakaan lalu lintas, Alinyemen Horizontal, Perbaikan Geometrik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI