DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menggunakan Kaidah Kebahasaan dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018/2019
PENGARANG:M UNAWARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-27


 

ABSTRAK

 

 

 

Munawarah. 2019. Kemampuan Menggunakan Kaidah Kebahasaan dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Zakiah Agus Kusasi, M.Pd.; (II) Dr. Sabhan, M.Pd.

 

 

 

Kata kunci: kemampuan, kaidah kebahasaan, teks berita

 

 

 

Pemakaian kaidah kebahasaan dalam teks berita sangat erat kaitannya dengan menulis. Kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai ciri ataupun pembeda dengan jenis teks lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kaidah kebahasaan teks berita.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini akan dianalisis secara kuantitatif dengan statistik berupa angka-angka. Selanjutnya, menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu hasil dari analisis data digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan dengan jelas tentang pemakaian kata baku dalam teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019.

 

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan penguasaan kaidah kebahasaan siswa kelas VIII SMPN 4 Banjarmasin, yaitu  sebanyak 9 (14%) siswa berkategori sangat mampu, sebanyak 24 (38%) siswa berkategori mampu, sebanyak 15 (24%) berkategori cukup mampu, sebanyak 12 (19%) berkategori kurang mampu, dan sebanyak 3 (5%) berkategori tidak mampu dalam menguasai kaidah kebahasaan. Data untuk penguasaan kaidah kebahasaan teks berita menunjukkan dari 63 orang siswa sebanyak 24 (38%) siswa mampu dalam menguasai kaidah kebahasaan teks berita. Pemakaian kata baku siswa kelas VIII SMPN 4 Banjarmasin dalam membuat teks berita sebanyak 56 (89% ) siswa berkategori sangat mampu, sebanyak 4 (7%) berkategori mampu, sebanyak 2 (3%) siswa berkategori cukup mampu, sebanyak 1 (1%) siswa berkategori tidak mampu dalam memakai kata baku dalam membuat teks berita. Data untuk pemakaian kata baku menunjukkan dari 63 orang siswa sebanyak 56 (89%) siswa berkategori sangat mampu dalam memakai kata baku.

 

Berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan menggunakan kaidah kebahasaan teks berita, penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menguasai kaidah kebahasaan berkategori mampu, yaitu sebanyak 24 orangdan kemampuan siswa dalam pemakaian kata baku berkategori sangat mampu, yaitu sebanyak 56 orang.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI