DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KEPALA DESA DALAM MEWUJUDKAN TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK DI DESA OLONG SIRON KECAMATAN TANAH SIANG KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:YULFIANUS BERTHU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-27


ABSTRAK

Yulfianus Berthu, D2B114043, 2019. Peranan Kepala Desa Olong Siron Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik di Desa Olong Siron Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya. Program Magister Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Lambung Mangkurat. Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Saladin Galib dan Pembimbing II Jamaluddin.

Kepala Desa mengemban tugas utama dalam hal menciptakan kehidupan yang demokratis, mendorong pemberdayaan masyarakat serta memberikan pelayanan publik yang baik. Untuk itu peranan Kepala Desa sebagai salah satu jabatan politis sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, guna mesujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peranan kepala Desa Olong Siron dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, key informan adalah Camat Tanah Siang, Kepala Desa Olong Siron, Sekretaris Desa Olong Siron, Tokoh masyarakat, Ketua BPD Desa Olong Siron.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Kepala Desa Olong Siron dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sudah cukup baik dimana sepuluh aspek yakni : partisipasi, penerapan hukum yang adil, transparansi, strategi visi, orientasi, keadilan, efektifitas, akuntabilitas, responsivitas, dan saling keterkaitan disegala aspek. Dimana tingkat partisipasi akan semakin luas, dan pengambilan keputusan akan semakin efektif.

Kata Kunci: Partisipasi masyarakat, Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI