DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bulying Anak Usia Sekolah 9-12 Tahun (Studi Korelasi di SDN 1 Guntung Manggis)
PENGARANG:SHOVI NURFITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


Latar Belakang:Peran teman sebaya dapat mempengaruhi kerentanan pada anak untuk melakukan perilaku bullying. Perilaku bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan secara sengaja dan berulang oleh seorang atau sekelompok anak kepada anak yang lebih lemah dengan tujuan ingin merugikan korban dan mendapatkan kepuasaan tertentu.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying anak usia 9-12 Tahun di SDN 1 Guntung Manggis.

Metode: Deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel 101 dengan teknik purposive sampling. Instrumen dengan lembar kuesioner dan analisis data menggunakan spearmen-rank.

Hasil:Hasil penelitian memiliki peran kelompok teman sebaya rendah (96%) dan memiliki perilaku bullying rendah sebesar (98%). Hasil analisa data menunjukan ada hubungan antara peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying anak usia sekolah 9-12 tahun di SDN 1 Guntung Manggis (p-value=0,001 < 0,05).

Diskusi:Kelompok teman sebaya yang lemah maka tidak memberikan tekanan atau pengaruh untuk melakukan perilaku bullying pada anak.

 

 

Kata kunci: anak usia sekolah, bullying, teman sebaya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI