DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perilaku Kewirausahaan Dalam Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Pendidikan Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
PENGARANG:Rifqi Radiani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-27


ABSTRAK

 

Rifqi Radiani, 2019, Perilaku Kewirausahaan Dalam Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Pendidikan Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada Tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (ibu Mahmudah Hasanah., M.Pd sebagai pembimbing I dan ibu Melly Agustina Permatasari., M.Pd sebagai pembimbing II)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku kewirausahaan dapat menetukan kesiapan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Lambung Mangkurat.

Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuatitatif. Jumlah populasi adalah mahasiswa pendidikan ekonomi sebanyak 188 orang dan untuk penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga sampelnya adalah mahasiswa pendidikan ekonomi sebanyak 188 orang yang sudah menyelesaikan mata kuliah kewirausahaan dan praktek kewirausahaan. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis persentasi dan analisis korelasi sederhana.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Perilaku kewirausahaan mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 71,69% artinya sudah mampu menunjukan perilaku kewirausahaan, Kesiapan berwirausaha termasuk dalam kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 72,70% dan terbukti bahwa perilaku kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi 0,766 atau 76,6% sedangkan dan 23,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti faktor eksternal yaitu sumber daya modal. Saran hendaknya Mahasiswa membuat sebuah usaha kecil dan dengan modal yang kecil dan dapat melakukan kegiatan usaha tersebut bersama-sama dengan teman kuliah, kos, kontrakan dan lainnya. Dosen hendaknya mengarahkan pandangan mahasiswa untuk percaya diri dan berani dalam mengambil resiko untuk berwirausaha yaitu dengan memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang ingin memulai sebuah usaha sehingga mahasiswa tidak segan untuk memulainya. Program studi pendidkan ekonomi hendaknya dapat memberikan ruang atau tempat untuk mahasiswa meminta pengarahan untuk berwirausaha diharapkan dengan adanya ruang dan tempat tersebut dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif untuk berwirausaha.

Kata Kunci : Perilaku Kewirausahaan, Kesiapan berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI