DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS AQIDAH ISLAM (Studi Multi Situs di Sekolah Tahfizh Plus TK Khoiru Ummah Banjarmasin dan Sekolah Tahfizh Plus TK Khoiru Ummah Banjarbaru)
PENGARANG:NEELA AFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-27


ABSTRAK

 

Afifah, Neela. 2019. Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam (Studi Multi Situs (Studi Multi Situs di Sekolah Tahfizh Plus TK Khoiru Ummah Banjarmasin dan Sekolah Tahfizh Plus TK Khoiru Ummah Banjarbaru). Tesis. Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D dan (II) Dr.Hj.Aslamiah,M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Aqidah Islam.

 

Implementasi kurikulum merupakan penerapankonsep dalam bentuk dokumen ke dalam kurikulum aktual dalam bentuk proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, organisasi, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi pembelajaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Objek penelitian adalah kurikulum berbasis Aqidah Islam dan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan membuat pedoman kurikulum, kalender akademik, menentukan tema, jadwal pembelajaran dan Satuan Kegiatan Harian. Organisasi pelaksanaannya dengan membuat struktur organisasi dan pembagian tugas harian. Pelaksanaan pembelajaranmenggunakan strategi discovery learning yang mereka sebut dengan metode ‘talqiyyan fikriyyan’ dengan mengintegrasikan semua ilmu kepada aqidah Islam.Controllingdalam bentuksupervisi.Evaluasi pembelajaran menggunakan buku penghubung atau buku harian. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum adalah guru, orangtua, peserta didik, lingkungan masyarakat dan pemerintah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI