DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Desain Project Media Video Iklan Layanan Masyarakat Dalam Peningkatan Kognitif Siswa tentang Underwear Rules (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 5 SDN Berangas Barat 1)
PENGARANG:NETA MAU`IZHATUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAK

 

Neta Mau’izhatul Huda, D1C115078, 2019. Desain Project Media Video Iklan Layanan Masyarakat Dalam Peningkatan Kognitif Siswa Tentang Underwear Rules (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Berangas Barat 1). Dibimbing oleh Muhammad Alif dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

            Tindak pelecehan seksual pada anak masih sering terjadi di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Salah satunya adalah dengan memberikan informasi mengenai batasan tubuh privat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kognitif siswa pada kelas 5 SDN Berangas Barat 1 tentang Underwear Rules setelah diberikan informasi melalui media video iklan layanan masyarakat.

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe penelitian eksperimen, desain kuasi-eksperimen bentuk dua kelompok pasca pengujian dengan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada 42 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan paired sample t-test.

            Hasil pengujian hipotesis pada kelompok eksperimen, didapatkan hasil sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) dengan derajat kepercayaan 95%. Nilai rerata kelompok eksperimen pada tahap pre-test adalah 4,76, dan pada tahap post-test adalah 7,86. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kognitif siswa kelompok eksperimen mengenai program Underwear Rules setelah diberikan perlakuan melalui media video iklan layanan masyarakat, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

 

 

Kata kunci: Eksperimen, Video, Iklan Layanan Masyarakat, Kognitif Siswa, Underwear Rules

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI