DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KIRIGAMI PADA SISWA CEREBRAL PALSY RINGAN DI SDN GADANG 2 BANJARMASIN
PENGARANG:LITA VIATI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-25


Kata Kunci: Kirigami, Motorik halus, Cerebral Palsy
Penelitian ini mengemukakan masalah tentang anak cerebral palsy yang memiliki kemampuan motorik halusnya belum berkembang secara optimal sehingga mengalami kekejangan dan kekakuan pada otot –otot tangan anak memerluakan waktu yang lama dalam melakukan kegiatan seperti menulis dan menggunting anak masih meminta bantuan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus menggunakan kirigami pada siswa cerebral palsy Ringan di SDN GADANG 2 Banjarmasin.
Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR (Single Subjek Research) dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari perlakuan yang diberikan secara berulang-ulang dalam waktu tertentu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1) atau sebelum menggunakan kirigami, tahap intervensi (B) dengan menggunakan kirigami, dan baseline 2 (A2) sebagai kontrol dari baseline 1 (A1). Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa cerebral palsy kelas 1 SDN Gadang 2 Banjarmasin, yang berinisial AMR. Sistem pencatatan data menggunakan pencatatan durasi waktu dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap motorik halus subyek melalui kirigami Hasil penelitian dapat dilihat pada baseline 1 (A1) kemampuan subjek penelitian dalam meningkatkan kemampuan motorik halus subjek melalui kegiatan melipat dan menggunting memperoleh mean level sebesar 9.69 menit, pada tahap intervensi (B) terjadi peningkatan pada kemampuan motorik halus subjek melalui kegiatanmelipat dan menggunting memperoleh mean level sebesar 9.30 menit, dan pada tahap baseline 2 (A2), mean level yang diperoleh subjek penelitian adalah sebesar 7.26 menit. Sehingga dapat terlihat terjadi peningkatan pada tahap baseline 2 (A2) dibandingkan dengan tahap baseline 1 (A1), jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kirigami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa cerebral palsy kelas 1 SDN Gadang 2 Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI