DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL PADA JALAN TRIKORA-AHMAD YANI-PADAT KARYA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:M. HASANUL IKHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


Simpang empat lengan tak bersinyal di ruas jalan Trikora-Ahmad Yani-Padat Karya kota Banjarbaru terjadi kemacetan yang disebabkan  oleh tingginya populasi kendaraan yang tidak di imbangi dengan ketersediaan infrastruktur (prasarana) jalan yang memadai. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja simpang empat lengan tak bersinyal tersebut berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan menganalisa persimpangan untuk meningkatkan kinerja simpang empat lengan tak bersinyal tersebut.

Jenis simpang jalan yang paling banyak dijumpai di perkotaan adalah simpang jalan tak bersinyal. Jenis ini cocok diterapkan apabila arus lalulintas di jalan minor dan pergerakan membelok sedikit. Namun apabila arus lalulintas di jalan utama sangat tinggi sehingga resiko kecelakaan bagi pengendara di jalan minor meningkat (akibat terlalu berani mengambil gap yang kecil), maka dipertimbangkan adanya sinyal lalulintas. Simpang tak bersinyal secara formil dikendalikan oleh aturan dasar lalu lintas Indonesia yaitu memberikan jalan kepada kendaraan dari kiri. Ukuran-ukuran yang menjadi dasar kinerja simpang tak bersinyal adalah kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian.

Analisis hasil penelitian menunjukan kinerja simpang untuk kondisi simpang tak bersinyal pada keadaan 13 tahun yang akan mendatang didapat jumlah arus total 2539 smp/jam, kapasitas (C) = 3269 smp/jam ,derajat kejenuhan (DS) = 0,777, dan rata-rata peluang antrian (QP) = 36,5%  yang berarti Peluang antrian lebih dari 35%.  Karena itu perlu ditinjau kembali simpang empat lengan di ruas jalan Trikora-Ahmad Yani-Padat Karya kota Banjarbaru dengan menggunakan metode Simpang Bersinyal untuk tahun yang akan datang dengan menggunakan Aplikasi KAJI.

Kata Kunci:  Analisa Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Peluang Antrian, MKJI, Prediksi,KAJI.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI