DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROFITABILITAS, INTERNAL AUDITOR DAN AUDIT TENURE TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2017)
PENGARANG:FINA ZAIRISNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAK

Fina Zairisna (2019). Pengaruh Profitabilitas, Internal Auditor, dan Audit Tenure terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2017). Pembimbing : Dr. Sarwani, Drs. M. Si, Ak, CA.

          Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap audit delay di perusahaan pertambangan pada tahun 2014-2017; (2) mengetahui pengaruh internal auditor terhadap audit delay di perusahaan pertambangan pada tahun 2014-2017; (3) mengetahui pengaruh audit tenure terhadap audit delay di perusahaan pertambangan pada tahun 2014-2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data laporan tahunan dari 12 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017 yang ditentukan melalui purposive sampling.Data diuji dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui IBM SPSS 25. Berdasarkan uji regresi linier berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel internal auditor berpengaruh negatif terhadap audit delay. Hal ini dikarenakan jumlah auditor internal yang tinggi dapat menjamin SPI semakin baik, sehingga dapat meringankan tugas auditor eksternal dan meminimalkan audit delay. Disisi lain, kedua variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Kata Kunci : Audit Delay, Profitabilitas, Internal Auditor, dan Audit Tenure.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI