DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PESAN KESEHATAN PADA FILM (Analisis Isi Kualitatif Pada Film Sore: Istri Dari Masa Depan Karya Yandy Lauren)
PENGARANG:Achmad Zein
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAK

Achmad Zein, D1C114003, 2019, Pesan Kesehatan Pada Film (Analisis Isi Kualitatif Pada Film Sore: Istri Dari Masa Depan Karya Yandy Lauren). Dibimbing oleh Muhammad Alif dan Noviana Sari.

            Film Sore: Istri Dari Masa Depan merupakan film berjenis webseries dengan genre drama, komedi, romantis. Film ini ditayangkan di youtube dalam 9 episode dan telah ditonton lebih dari 10 juta orang, serta meraih penghargaan pada XYZ award. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan kesehatan yang terdapat dalam film ini.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis isi, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan konsep berbagai macam perilaku hidup sehat dan himbauan yang ada dalam pesan kesehatan sebagai indikator untuk menentukan kategori pesan kesehatan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1) pesan kesehatan sesuai dengan konsep indikator yaitu makan dengan menu seimbang sebanyak 5 scene, kegiatan fisik teratur sebanyak 3 scene, tidak merokok dan minuman keras serta narkoba terdapat 4 scene, istirahat cukup dalam jumlah 4 scene, pengendalian stress sebanyak 6 scene, dan perilaku positif lainnya yang positif bagi kesehatan sebanyak 8 scene (2) himbauan yang paling menonjol dalam film ini yaitu himbauan rasional yaitu 13 scene, kemudian himbauan emosional dalam 5 scene, dan himbauan motivasional dengan 7 scene, sedangkan himbauan yang paling sedikit yaitu himbauan ganjaran, dan himbauan ketakutan dengan masing-masing 3 scene.

 

Kata Kunci : Analisis Isi, Film, Pesan Kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Achmad Zein, D1C114003, 2019, HealthaMessageoin Moviea(The Analysis ofeQualitative Content inuSore: Istri DarioMasauDepan Movie From Yandy Lauren). Guided by Muhammad Alif and Noviana Sari.

            Sore: Istri Dari Masa Depan is a movie called webseries which has romance, comedy, drama genre. This movie was aired on youtube in 9 episode and successfully reaching over 10 million viewer, also receiveing award in XYZ day. This study aims to find out the health message contained in this movie.

            This study uses a qualitative approach with descriptive research types. The data analysis technique uses is content analysis, and data collection techniques used are observation, documentation and literature studies. This study uses the concept of various type of healthy behavior and caution in health message as an indicator to determine the category of health message.

            The result of this study indicate the existence of (1) health message in accordance with the concept of indicators namely eating with balance menu on 4 scene, enough physical exercise with 3 scene, did not smoke and drinking also drug on 4 scene, enough rest on 4 scene, stress controlling on 6 scene, and another positif behavior which is positif for health on 8 scene (2) The most dominated caution contained in this movie namely rational caution with 13 scene, then 5 scene of emotional caution, and 7 scene of motivational caution, Meanwhile the most few caution is fear caution, and consideration caution with 3 scene for each other.

 

Keywords: Content Analysis, Movie, Health Message

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI