DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Just In Casee Pada Meilinda Bakery Martapura
PENGARANG:TIARA EDNA BESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAKSI

 

Tiara Edna Bestari (2019). Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Just In Case Pada Meilinda Bakery Martapura. Pembimbing: Dra. Rusma Nailiah, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan persaingan bisnis yang ketat antar perusahaan saat ini, dimana perusahaan dituntut untuk memeliki strategi daya saing yang tepat dalam meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Selain itu, perusahaan juga diharapkan untuk selalu efisien dalam melakukan proses produksi agar dapat meningkatkan laba operasi perusahaan. Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah metode Just In Case yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi dan biaya persediaan. 

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengelolaan persediaan bahan baku dan barang jadi pada Meilinda Bakery Martapura. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung persediaan bahan baku dan barang jadi Meilinda Bakery Martapura dengan menggunakan metode yang selama ini diterapkan oleh perusahaan. Kemudian, menghitung dengan pendekatan Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock, dan Reorder Point yang menjadi dasar dalam perhitungan Just In Case. Selain itu, melakukan perbandingan antara metode yang selama ini diterapkan oleh perusahaan dengan apabila menerapkan metode Just In Case.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan persediaan berdasarkan dengan metode Just In Case lebih efisien dibandingkan dengan metode yang selama ini diterapkan oleh Meilinda Bakery Martapura. Penerapan metode Just In Case dapat lebih mengurangi persediaan bahan baku karena permintaan tidak berdasarkan yang diantisipasi, namun berdasarkan dengan apa yang dibutuhkan. Selain itu, dengan menerapkan metode Just In Case  juga dapat mengurangi penumpukan barang jadi ditoko dan mengurangi resiko kerusakan. 

Kata Kunci: Metode Just In Case, Meningkatkan Efisiensi Persediaan Bahan Baku dan Barang Jadi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI