DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru MAN Se-kota Banjarmasin
PENGARANG:MUJIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAK

Mujiati. 2019. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru di MAN se-kota Banjarmasin. Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan, Progran Pascasarjana, Universitas lambung mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1)  Prof.Drs. Ahmad Suriansyah, , M.Pd.,Ph.D dan (2) Prof. Drs. H. Rustam Efendi, M.Pd,.Ph.D.

 

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, Mutu mengajar Guru.

 

Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas guru, salah satu tolok ukurnya mutu mengajar. Fakta di lapangan menunjukkan mutu mengajar guru berkaitan erat dengan supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah di lingkungan tempatnya bertugas. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan manganalisis: (1) Pengaruh supervise akademik kepala sekolah terhadap mutu mengajar guru di MAN se-kota Banjarmasin; (2) pengaruh budaya sekolah terhadap mutu mengajar guru di MAN se-kota Banjarmasin; dan (3) pengaruh supervise akademik kepala sekolah dan budaya sekolah secara serempak terhadap mutu mengajar guru di MAN se-kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah Guru MAN di Banjarmasin sebanyak 109 guru, sekaligus dijadikan sampel penelitian (sampel total). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner; Validitas di uji menggunakan tehnik korelasi butir total dan reliabilitas di uji menggunakan rumus Apha dari Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan Regresi sederhana dan regresi berganda

Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu mengajar guru di MAN se-Kota Banjarmasin. Data ini didukung oleh hasil analisis statistik yang membuktikan nilai t hitung > t tabel (7,826 > 1,982), (2) terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap mutu mengajar guru di MAN se-Kota Banjarmasin. Data ini didukung oleh hasil analisis statistik yang membuktikan nilai t hitung > t tabel (6,428 > 1,982), dan (3) terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah secara serempak terhadap mutu mengajar guru di MAN se-Kota Banjarmasin. Data ini didukung oleh hasil analisis statistik yang membuktikan nilai f hitung > f tabel (10,416 > 3,082).

Berdasarkan hasil tersebut, kepala sekolah disarankan untuk melanjutkan pengawasan akademik kepada guru yang dipimpinnya dan menjaga budaya sekolah agar atmosfer sekolah kondusif sehingga kualitas guru yang mengajar meningkat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI