DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Religiositas dalam Kumpulan Cerpen Karya Habiburrahman El-Shirazy
PENGARANG:TARA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


Aulia Tara, 2019. Nilai Religiositas dalam Kumpulan Cerpen Karya Habiburrahman El-Shirazy. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Maria L. A. S., M.Pd. (II) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

 

Kata Kunci: nilai, religiositas, cerpen.

 

            Penelitian ini dilakukan karena nilai religius dalam suatu karya sastra sangat diperlukan untuk pembelajaran di sekolah. Peserta didik perlu bekal ilmu agama, salah satunya melalui nilai-nilai religius yang terkandung dalam karya sastra. Penelitian ini mendeskripsikan adanya nilai religiositas pada kumpulan cerpen karya Habiburrahman El-Shirazy: 1) Nilai yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang berharga, berguna, dan bermanfaat bagi manusia serta sebagai suatu hal yang pantas dikerjakan demi peningkatan kualitas hidup manusia. 2) Religiositas merupakan nilai-nilai dari suatu keagamaan dalam diri yang membuat seseorang dapat bersikap baik di hadapan Tuhannya. 3) Cerpen, yaitu karya sastra berbentuk fiksi yang menceritakan sebagian kecil kehidupan seseorang hasil dari imaji penulis.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai religiositas dalam kumpulan cerpen karya Habiburrahman El-Shirazy. Nilai religiositas yang terkandung dalam kumpulan cerpen tersebut dapat digunakan sebagai bahan alternatif dalam pembelajaran sastra di sekolah.

Pendekatan penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Sumber datanya berupa kumpulan cerpen karya Habiburrahman El-Shirazy yang meliputi, cerpen Pudarnya Pesona Cleopatra, Nyanyian Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga, dan Seratus Peluru untuk Amru.

Hasil penelitian dari nilai religiositas dalam kumpulan cerpen ini ialah akidah yang meliputi 1) iman kepada Allah Swt, 2) iman kepada kitab Allah Swt, 3) iman kepada rasul Allah Swt., dan 4) iman kepada qada dan qadar. Syariah yang meliputi 1) taaruf, 2) pinangan, 3) pernikahan, dan 4) wudu. Akhlak yang meliputi 1) akhlak pribadi, 2) akhlak dalam keluarga, dan 3) akhlak dalam bergaul.

Penelitian dapat diimplementasikan pada pembelajaran kelas XI semester 1 (satu), sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) yang terdapat dalam Kurikulum 2013, yaitu Kompetensi Isi (KI) 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Kompetensi Dasar (KD) 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI