DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSAMAAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERIBAHASA INDONESIA DAN DALAM PERIBAHASA BANJAR
PENGARANG:AHMAD MAIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAK

 

 

Maidi, Ahmad. 2018. Persamaan Nilai Pendidikan Karakter dalam Peribahasa Indonesia dan dalam Peribahasa Banjar. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D., (2) Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

 

 

Kata Kunci: persamaan nilai pendidikan karakter, peribahasa Indonesia, peribahasa Banjar

 

 

Peribahasa Indonesia dan peribahasa Banjar merupakan salah satu bentuk folklor lisan Indonesia yang sarat dengan kandungan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang persamaan nilai pendidikan karakter dalam peribahasa Indonesia dan dalam peribahasa Banjar yang meliputi tiga pokok permasalahan, yaitu (1) deskripsi nilai pendidikan karakter dalam peribahasa Indonesia, (2) deskripsi nilai pendidikan karakter dalam peribahasa Banjar, dan (3) deskripsi persamaan nilai pendidikan karakter dalam peribahasa Indonesia dan dalam peribahasa Banjar.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Dalam hal ini, peneliti adalah sebagai instrumen utama. Data penelitian ini adalah peribahasa Indonesia berupa kelompok kata atau kalimat yang sudah tertulis dan Peribahasa Banjar berupa kelompok kata atau kalimat yang diujarkan lima orang narasumber. Dalam mengumpulkan data berupa peribahasa Banjar melalui observasi, peneliti menggunakan video recorder, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumentasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan nilai pendidikan karakter dalam peribahasa Indonesia dan dalam peribahasa Banjar. (1) Nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam peribahasa Indonesia ada sebelas, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rendah hati, cinta damai, kepemimpinan, persatuan, gaya hidup sehat, dan tanggung jawab. (2) Nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam peribahasa Banjar ada sebelas, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rendah hati, cinta damai, kepemimpinan, persatuan, gaya hidup sehat, dan tanggung jawab. (3) ada sebelas persamaan nilai pendidikan karakter dalam peribahasa Indonesia

dan dalam peribahasa Banjar, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rendah hati, cinta damai, kepemimpinan, persatuan, gaya hidup sehat, dan tanggung jawab.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI