DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Teknik Modifikasi Perilaku Punishment Dan Reward Terhadap Penurunan Perilaku Impulsif Pada Anak Autis Kelas 3 Di SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin
PENGARANG:Fitriyani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-28


ABSTRAK

Fitriyani. 2019. ‘’Efektivitas Teknik Modifikasi Perilaku Punishment dan

Reward Terhadap Penurunan Perilaku Impulsif Pada Anak AutisKelas 3 di SDN KuinSelatan 3 Banjarmasin’’. Jurusan Pendidikan Khusus. Dosen Pembimbing I :Dr. H. Amka, M.Si. Dosen Pembimbing II : Jiyanta, M.Pd.

 

 

 

 

Kata Kunci: Teknik modifikasi perilaku punishment  dan reward,

perilaku impulsif (suka memukul) dan anak autis.

 

Pada penelitian ini yang menjadi sasaran subjek yang akan diteliti adalah anak autis yang mana peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap perilaku anak autis tersebut. Setelah melakukan observasi perilaku anak sangat impulsif terutama pada perilaku yang sering memukul teman-teman yang berada disekitarnya. Berbagai cara sudah dilakukan oleh guru pendamping khusus anak, namun sedikit saja pengaruh yang terjadi. Oleh karena itu peneliti mencoba menurunkan perilaku impulsif (suka memukul) dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku Punishment dan Reward sebagai Intervensi dalam penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2 yang mana A1 merupakan fase baseline 1, B merupakan fase intervensi dan A2  merupakan fase baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa kelas 3 yang memiliki hambatan autis. Dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi langsung mengamati perilaku anak dengan pencatatan data kejadian (frekuensi) yang dibantu oleh tiga pengamat. Analisis data menggunakan teknik analisis visual grafik yang mana data yang sudah diperoleh akan ditampilkan melalui grafik dan dianalisis pada setiap komponen-komponen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan perilaku impulsif (suka memukul) anak autis di SDN Kuin Selatan 3 Banjarmasin tidak menurun secara signifikan sehingga teknik yang digunakan pengaruhnya hanya sedikit untuk anak. Diperoleh data pada fase Baseline 1 (A1) 14 kali, fase Intervensi (B) 10 kali dan fase Baseline 2 (A2) sebanyak 5 kali. Estimasi cenderung membaik. Hasil  overlapnya dari A1 ke B adalah 0% dan  B ke A2 adalah 0%.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI