DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS KELAS II SDLB YPLB BANJARMASIN MENGGUNAKAN MEDIA LOWERCASE TRACING BOARD
PENGARANG:DESSY NADYA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-06-29


ABSTRAK

Dessy Nadya Putri, 2019 Meningkatkan Motorik Halus Anak Autis Kelas II

SDLB YPLB Banjarmasin Menggunakan Media Lowercase Tracing Board. Skripsi. Program S1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:(1) Agus Pratomo Andi Widodo, M. Pd, (2) Sihadi, M. Pd.

 

Kata Kunci: motorik halus, anak autis, lowercase tracing board

Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya seorang anak autis kelas II yang bersekolah di SDLB YPLB Banjarmasin, yang dimana anak tersebut mengalami hambatan dalam ranah motorik halus, sehingga mempengaruhi pada aspek menulis permulaan anak. Dikarenakan terhambatnya motorik halus tersebut sehingga berdampak pada cara anak dalam menuliskan atau menebalkan huruf putus-putus dengan rapi, sehingga tulisan anak kurang jelas (tipis). Oleh sebab itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penilitian ini adalah penggunaan media lowercase tracing board dalam meningkatkan motorik halus anak autis kelas II SDLB YPLB Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode single subject research (SSR) yang menggunakan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis kelas II SDLB YPLB Banjarmasin. Sistem pencatatan data menggunakan teknik produk permanen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis visual yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung terhadap data yang telah ditampilkan dalam grafik. Teknik analisis data ini ada dua, yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motorik halus anak autis di SDLB YPLB Banjarmasin meningkatkan setelah diberikan intervensi melalui media lowercase tracing board. Hal ini ditunjukkan dari hasil perolehan anak dalam mengerjakan lembar kerja siswa yang dimana saat menebalkan huruf serta garis putus-putus coretan anak sudah terlihat rapi dan jelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media lowercase tracing board dapat meningkatkan motorik halus anak autis kelas II SDLB YPLB Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI