DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KANDANGAN
PENGARANG:AGUSTINA IRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-01


ABSTRAK

 

Irawati, Agustina. 2019.Hubungan Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan  Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Kandangan. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D,(2) Dr. H.Muhammad Saleh, M.Pd

 

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kepuasan Kerja Guru, Kinerja Guru

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan mengenai peran kepala sekolah, motivasi kerja guru, kepuasan kerja guru dan kinerja guru, (2) Menganalisis hubungan langsung antara peran kepala sekolah dengan kinerja guru, (3) Menganalisis hubungan langsung antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru, (4) Menganalisis hubungan langsung antara kepuasan kerja dengan kinerja guru, (5) Menganalisis hubungan langsung antara peran kepala sekolah dengan motivasi, (6) Menganalisis hubungan secara langsung antara peran kepala sekolah dengan kepuasan kerja, (7) Menganalisis hubungan tidak langsung antara peran kepala sekolah dengan kinerja guru melalui motivasi kerja guru, (8) Menganalisis hubungan tidak langsung antara peran kepala sekolah dengan kinerja guru melalui variabel kepuasan kerja.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 176 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Kepala Sekolah, Motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Kandangan berada pada klasifikasi tinggi di SD Negeri se-Kecamatan Kandangan berada pada klasifikasi sangat tinggi, sedangkan, (2) Ada hubungan antara Peran Kepala Sekolah dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,328. (3) Ada hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,974. (4) Ada hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru  Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,486, (5) Ada hubungan antara peran kepala sekolah dengan motivasi kerja guru Sekolah dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,919, (6) Ada hubungan antara peran kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,927, (7) Ada hubungan tak langsung antara Peran Kepala Sekolah dengan kinerja guru melalui motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,895. (8) Ada hubungan tak langsung  antara Peran Kepala Sekolah dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kandangan sebesar 0,450.

 


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI