DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINJAUAN EFEK PEMANCANGAN PONDASI TERHADAP BANGUNAN SEKITAR (STUDI KASUS PEMBANGUNAN SKY PAVILION MAYAPADA BANUA CENTER DI KABUPATEN BANJAR)
PENGARANG:DRAJAT TRI YUDH WIDODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-01


TINJAUAN EFEK PEMANCANGAN PONDASI TERHADAP BANGUNAN SEKITAR (STUDI KASUS PEMBANGUNAN SKY PAVILION MAYAPADA BANUA CENTER DI KABUPATEN BANJAR)

Oleh:

Drajat Tri Yudho Widodo

 

Pembimbing:

Dr. Rusdiansyah, S.T., M.T.

 

 

ABSTRAK

Dalam penelitian ini membahas tentang tinjauan efek pemancangan pondasi pada proyek pengembangan Sky Pavilion Mayapada Banua Center di Kabupaten Banjar. Pada proyek tersebut menggunakan dua metode pemancangan, yaitu Drop Hammer dan Hydraulic Static Pile Driver. Bangunan yang ditinjau pada penelitian ini adalah bangunan tetangga (samping proyek) yaitu Gudang Cat karena menerima efek terbesar dari efek pemancangan pondasi.

Untuk mengetahui besarnya efek pemancangan pondasi tiang terhadap bangunan sekitar, digunakan suatu metode pendekatan, yang pertama yaitu metode kalendering pemancangan. Metode ini menggunakan data kalendering pemancangan pondasi tiang untuk mendapatkan nilai frekuensi dan amplitudo yang dihasilkan dari proses  pemancangan dengan metode Drop Hammer. Dimana dari nilai frekuensi dan amplitudo tersebut dapat diprediksi pengaruh pemancangan tiang terhadap bangunan disekitarnya dengan menggunakan kurva pendekatan tingkat kerusakan yang mungkin terjadi. Data kalendering tersebut diambil dari titik-titik pancang terdekat dengan bangunan bangunan di sekitarnya yang mewakili dari keseluruhan dari titik-titik pancang yang ada. Metode yang kedua yaitu menghitung tegangan akibat beban alat Hydraulic Static Pile Driver dengan kapasitas 420 ton yang menimbulkan beban tambahan yang cukup besar, sehingga dilakukan analisa tegangan yang diterima oleh titik tinjauan dan penurunan.

Diketahui tingkat kerusakan secara teoritis, menurut kurva tingkat kerusakan menjelaskan bahwa pemancangan dengan alat Drop Hammer memberikan efek terhadap retakan yang terjadi pada dinding Gudang Cat. Namun untuk pemancangan dengan alat Hydraulic Static Pile Driver disimpulkan bahwa rasio distorsi yang terjadi pada titik tinjauan selalu lebih kecil dari batas distorsi maksimum, sehingga dapat dikatakan bahwa penurunan yang terjadi dalam kategori aman untuk metode yang kedua ini.

 

Kata kunci : Drop Hammer, Hydraulic Static Pile Driver, Getaran, Tegangan Tanah, Penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI