DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS SMP | |
PENGARANG | : | CHOIRUL AMIN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-07-01 |
ABSTRAK
Choirul Amin. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains SMP. Tesis. Program Studi Magister Keguruan IPA, Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Abdullah, M.Si., (II) Dr. Arif Sholahuddin, M.Si.
Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Literasi sains
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian Literasi Sains (LS) peserta didik SMP dengan konteks lokal berbasis kertas yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian dan pengembangan mengacu pada model Borg & Gall. Subjek uji coba yang digunakan adalah peserta didik kelas IX SMP dengan jumlah keseluruhan 238 orang meliputi 6 peserta didik SMP N 2 Banjarmasin pada preliminary field testing, sebanyak 50 peserta didik SMP N 6 Banjarmasin pada main field testing, dan sebanyak 182 peserta didik pada operational field testing dari SMP N 1, SMP N 23, dan SMP N 30 Banjarmasin. Hasil menunjukkan bahwa instrumen penilaian dikatakan valid secara konten dan konstruk melalui uji ahli, valid secara empirik dengan indeks validitas rata-rata 0,439. Reliabel dengan indeks reliabilitas soal dikotomus 0,611 dan soal politomus 0,734. Praktis dari segi kemudahan dalam penggunaan melalui tiga tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil penilaian. Efektif dari segi tujuan penilaian yang telah tercapai, yakni hasil penilaian dari main field testing dan operational field testing yang relatif konsisten menunjukkan kemampuan LS peserta didik pada kategori rendah.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI