DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Biaya dan Waktu Efektif Penebangan Jenis Akasia (Acacia mangium) di Areal IUPHHK-HT PT. Inhutani II Pulau Laut Kalimantan Selatan
PENGARANG:DEWI RATNA WULAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-01


Dewi Ratna Wulan, “Analisis Biaya dan Waktu Efektif Penebangan Jenis Akasia (Acacia mangium) di Areal IUPHHK-HT Pt. Inhutani II Pulau Laut Kalimantan Selatan”. Di bimbingoleh Dr. Ir. Daniel Itta, M.S dan Hj. Arfa Agustina R, S.Hut, M.P, selaku dosen pembimbing pertama dan kedua.

Penelitian ini bertujuan menganalisiswaktu penebangan, menghitung nilai prestasi kerja dan produktivitas kerja penebangan, Menganalisis besarnya biaya produksi penebangan per m3 jenis Akasia (Acacia mangium) dan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya penebangan. Diharapkandapat memberikan informasi dan bahan pertimbangan menentukan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan penebangan kayu pada hutan tanaman industri.Penelitian dilakukan di IUPHHK-HT Pt. Inhutani II Pulau Laut Kalimantan Selatan dalam RKT 2016 jenis akasia (Acacia mangium) 50 sampel pohon disetiap topografi datar 0-8% dan miring 25%. Metode yang digunakan Purposive sampling. Objek penelitian bapak Jupriusia 40 tahun telah menjadi operator chainsaw 10 tahun.

Penelitian ini menunjukkan waktu melakukan penebangan jenis Akasia (Acacia mangium) pada topografi datar 2,17 menit/pohon dan topografi miring 3,49 menit/pohon. Produktivitas tertinggi pada topografi miring 3,57 jam/m3, tofografi datar sebesar 1,75 jam/m3. Prestasi kerja tertinggi 130,52 m3/jam pada topografi datar dan tofografi miring 119 m3/jam. Biaya produksi penebangan /m3 pada topografi datar yaitu, Rp. 7.358 /m3 dan Rp. 3.468 /m3 topografi miring. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya penebangan di PT. Inhutani II Pulau Laut yaitu, iklim, metode kerja yang digunakan untuk melakukan kegiatan penebangan, lokasi (topografi), pekerja (keahlian, umur) dan cara menggunakan alat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI