DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SITI PUTRI ANGGUN WANDITA
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-21


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan
Perpustakaan Umum Kota Banjarmasin yang diberikan berdasarkan dimensi
kualitas layanan (reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible).
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna perpustakaan
yang datang berkunjung langsung. Jumlah sampel yang digunakan di dalam
penelitian ini sebanyak 35 orang yang datang berkunjung langsung ke Perpustakaan
Umum Kota Banjarmasin. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling
incidental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan
kuesioner.
Hasil analisis data menunjukan bahwa kualitas layanan pada dimensi 1)
reliability (keandalan) memiliki nilai mean 3,47 yang berada pada posisi sangat
optimal, dimensi 2) responsiveness (daya tanggap) memilliki nilai mean 3.33 yang
berada pada posisi sangat optimal, dimensi 3) assurance (jaminan) memiliki nilai
mean 3,37 berada pada posisi sangat optimal, dimensi 4) emphaty memiliki nilai
mean 3,44 juga berada pada posisi sangat optimal, dan dimensi 5) tangibles (bukti
langsung) memiliki nilai mean 3,26 dan berada pada posisi cukup optimal.
Berdasarkan analisis kualitas pelayanan dapat disimpulkan bahwa dilihat
seluruh jawaban dari pertanyaan yang ada memiliki nilai rata-rata mean sebesar
3,36 dan berada pada posisi interval 3,28-4,03. Ini berarti kualitas pelayanan
Perpustakaan Umum Kota Banjarmasin sudah sangat optimal. Disarankan untuk
dimensi tangible (bukti langsung) perpustakaan umum dapat lebih meningkatkan
sarana fasilitas penunjang pelayanan yang dimiliki.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Perpustakaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI