DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HANDS ON ACTIVITY SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 4 BANJARMASIN MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN FISIKA | |
PENGARANG | : | ALI FITRONI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-07-02 |
Kegiatan belajar mengajar yang cenderung menggunakan pendekatan ekspositori
dimana porsi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah dominan, berdampak pada
kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu dilakukan penelitian
yang bertujuan untuk meningkatkan hands on activity siswa, khususnya kelas XI
MIPA 1 SMAN 4 Banjarmasin melalui Model Learning Cycle 7E pada
pembelajaran fisika. Tujuan secara khusus penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) hands on activity siswa, dan (3) hasil
belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
desain Kemmis & MC Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua
pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan
dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan RPP meningkat
dari 90% di siklus I menjadi 95,5% di siklus II dengan kategori sangat baik, (2)
semua indikator hands on activity siswa yang diamati meningkat dari 71,77% di
siklus I menjadi 78,47% di siklus II dengan kategori siswa aktif, dan (3) ketuntasan
hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari 67,9% dengan kategori tidak
tuntas di siklus I menjadi 82,1% dengan kategori tuntas di siklus II. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7e dapat meningkatkan
hands on activity siswa dan juga hasil belajar fisika siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI